Senin, 20 Juli 2009

Gerakan Kampanye Cinta Produk Indonesia



Presiden SBY dan Ibu Ani, didampingi Ibu Mufidah JK, Plt Menko Perekonomian dan Mendag, meluncurkan gerakan `Aku Cinta Indonesia`, di JCC, Rabu (22/4) pagi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan gerakan `Aku Cinta Indonesia` dan logo `100% Cinta Indonesia` saat pembukaan pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair ke-11, Pameran Inacraft 2009 di Jakarta Convention Center, Rabu (22/4) pagi. Inacraft 2009 merupakan wadah yang tepat untuk memulai kampanye `Aku Cinta Indonesia` karena di pameran inilah produk-produk kriya kreatif dari berbagai daerah di Indonesia tampil. Bukan saja made in Indonesia, melainkan created in Indonesia.
Presiden SBY menggarisbawahi pentingnya usaha peningkatan daya saing produk-produk Indonesia. "Yakinkan bahwa produk kita mutunya baik, harganya bersaing, bahkan tidak kalah dengan produk dari luar negeri," kata Presiden.
Gerakan `Aku Cinta Indonesia`, menurut SBY, bukan gerakan proteksionisme. "Kalau namanya proteksionisme, kita melakukan hambatan terhadap impor barang dan jasa, hambatan kuota, dan hambatan-hambatan lain. Gerakan `Aku Cinta Indonesia` tidak atau bukan gerakan seperti itu. Kita sepakat dalam G-20, dalam ASEAN Summit, bahwa kita semua mencegah terjadinya gerakan porteksionisme. Kita ingin international trade and investment tetap moving, tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu tidak usah khawatir karena ini bukan proteksionisme, tetapi betul-betul hadir di negeri kita ini, produk Indonesia yang karena mutunya juga tidak kalah, harganya bersaing dengan penuh kecintaan, saudara juga bisa mengkonsumsinya," SBY menjelaskan.
Menteri Perdagangan Mari E.Pangestu dalam sambutannya mengatakan perlu menumbuhkan ation branding Indonesia. Ini merupakan salah satu usaha yang lebih mengarah ke pembentukan citra Indonesia secara holistik. "Kami menyadari bahwa untuk mensinergikan industri kreatif dengan tujuan akhir tercapainya nation branding Indonesia yang memiliki nilai jual di mata internasional diperlukan upaya dari dalam kita sendiri untuk menghargai hasil karya anak bangsa. Hal ini harus dimulai dengan menumbuhkan rasa cinta kita terhadap negeri ini," ujar Mari Pangestu.
Segenap departemen dibawah koordinasi Kementerian Perekonomian, lanjut Mendag, telah melakukan proses persiapan untuk memulai gerakan tersebut. Tujuannya meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap produk Indonesia, yang tidak kalah dengan produk mancanegara.
Oleh karena itu sudah saatnya masyarakat Indonesia mengkampanyekan Gerakan `Aku Cinta Indonesia` dengan tujuan untuk menggugah rasa bangga terhadap produk Indonesia. "Mengapa harus merupakan gerakan? Karena kegiatan kampanye ini harus melibatkan seluruh komponen bangsa," Mari Pangestu menbahkan.
Agar gerakan ini terpadu dan berkelanjutan, telah diciptakan logo `100% Cinta Indonesia`. Logo ini memiliki makna yang mudah dimengerti oleh berbagai bangsa dan merupakan petunjuk yang mengingatkan dan menyadarkan bahwa kita pantas maju sebagai bangsa kreatif. Warna-warni yang ada pada logo merefleksikan keragaman dan kekayaan sumber daya, budaya, dan kreativitas bangsa Indonesia.

6 komentar:

  1. Memang seharusnya mulai dari dahulu kala kita mulai mencintai produk Indonesia. Walaupun terlambat, tetapi tidak ada salahnya jika mulai dari sekaranh kita mencobanya.

    BalasHapus
  2. STUJU!!! Cintailah produk dalam Negri!
    Kalau bukan kita siapa lagi??

    BalasHapus
  3. BAGUS!! G DUKUNG PRODUK INDO!! JIA YOU!! LANJUTKAN!!! LEBIH CEPAT LEBIH BAIK!! PRO RAKYAT!!!

    BalasHapus
  4. Dukung produk indo. Klo ga kita, sapa lagi?? ^^

    BalasHapus
  5. Iya dunk,,
    sebagai org Indonesia kita hrs cinta produk sendiri dunk,,
    kalo org Indonesia ga cinta produk sndiri, ap jdny?!
    barang Indo jg byk yg bgs koq,,malah ga beda jauh jg kualitasny sama barang luar negeri yg setara..
    cuma, kesadaran kita aja nih yg msh perlu ditingkatin lg..

    BalasHapus
  6. kalo lita smua bersatu buat cintai produk2 indonesia,, pasti bisa kok,,,,.. yg penting niatnya ada,,:)

    BalasHapus